MEMBUAT
GAME SEDERHANA DENGAN JAVA
Berikut kodenya :
package gamesuits;
import java.io.*;
public class gamesuits {
/**
* @author Alex Hermanto args
*/
*/02/11/14
public static void main(String[] args)
{
// TODO Auto-generated
method stub
boolean ulang = false;
while(!ulang){
//
cetak aturan main dan input dari user
System.out.println("Alex & Ade");
System.out.println("Permainan suit");
System.out.println("==============");
System.out.println("Masukkan salah satu dari 3 kemungkinan :");
System.out.println("J untuk Jempol");
System.out.println("T untuk Telunjuk");
System.out.println("K untuk Kelingking");
System.out.println(""); //
baris kosong
// variabel untuk mengambil
input dari user
BufferedReader br = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
String input = null;
//
memasukkan salah satu input dari J, T, atau
K
boolean inputvalid = false;
int suitKomputer = 0;
int suitUser = 0;
//
selama input tidak valid, jalankan perulangan ini
while (!inputvalid) {
System.out.print("Masukkan suit
Anda ");
try {
input = br.readLine();
} catch (IOException ioe) {
System.out.println("Kesalahan IO,
program berhenti");
System.exit(1);
}
// apakah panjang input >
0
if (input.length() == 1) {
switch (input.charAt(0)) {
case 'j' :
case 'J' :
suitUser = 0;
inputvalid = true; // kita ganti inputvalid
agar perulangan selesai
break;
case 't' :
case 'T' :
suitUser = 1;
inputvalid = true; // kita ganti inputvalid
agar perulangan selesai
break;
case 'k' :
case 'K' :
suitUser = 2;
inputvalid = true; // kita ganti inputvalid
agar perulangan selesai
break;
}
}
}
//
menghitung suit komputer
//
Math.random() menghasilkan nilai acak antara 0 dan
1
suitKomputer = (int)(Math.random()*3);
//
salah satu suit yang valid, yaitu 0, 1, atau
2
//
dalam hal ini kita ganti jadi 2
if (suitKomputer == 3)
{
suitKomputer = 2;
}
//
menghitung siapa yang menang
switch (suitKomputer) {
// jika komputer Jempol
case 0:
// cetak suit Komputer
System.out.println("Suit komputer
= Jempol");
switch (suitUser) {
// jika user
Jempol
case 0:
System.out.println("draw");
break;
// jika user
Telunjuk
case 1:
System.out.println("you
lose");
break;
// jika user
Kelingking
case 2:
System.out.println("you win");
break;
}
break; // dari
switch(suitKomputer)
// jika komputer Telunjuk
case 1:
// cetak suit Komputer
System.out.println("Suit komputer
= Telunjuk");
switch (suitUser) {
// jika user
Jempol
case 0:
System.out.println("you win");
break;
// jika user
Telunjuk
case 1:
System.out.println("draw");
break;
// jika user
Kelingking
case 2:
System.out.println("you
lose");
break;
}
break; // dari
switch(suitKomputer)
// jika komputer Kelingking
case 2:
// cetak suit Komputer
System.out.println("Suit komputer
= Kelingking");
switch (suitUser) {
// jika user
Jempol
case 0:
System.out.println("you
lose");
break;
// jika user
Telunjuk
case 1:
System.out.println("you win");
break;
// jika user
Kelingking
case 2:
System.out.println("draw");
break;
}
break; // dari
switch(suitKomputer)
}
//inisialisasi String mainlagi untuk
mengecek apakah user ingin main lagi atau tidak
String mainlagi = null;
//inisialisasi boolean karakterinput untuk
mengulang menanyakan kepada user apakah ingin main lagi
boolean karakterinput = false;
//ketika karakter input user bukan Z, z, Y,
atau y, maka while akan terus diulang
while(!karakterinput){
System.out.println("Apakah ingin
bermain lagi?\nTekan Z untuk bermain lagi atau Y untuk keluar");
//membaca input user yang dimasukkan
ke String mainlagi
try {
mainlagi = br.readLine();
} catch (IOException ioe) {
System.out.println("Kesalahan IO,
program berhenti");
System.exit(1);
}
//verifikasi String mainlagi agar
hanya x, Z, y, atau Y saja, selain itu perulangan while akan dilakukan lagi
if (mainlagi.length()
== 1) {
switch (mainlagi.charAt(0))
{
case 'z' :
case 'Z' :
karakterinput = true; // untuk keluar dari perulangan while jika karakter z atau Z dimasukkan
ulang = false; // Mengulang lagi
permainan
break;
case 'y' :
case 'Y' :
karakterinput = true; // untuk keluar dari perulangan while jika karakter y atau Y dimasukkan
ulang = true; // Keluar dari
permainan
break;
}
}
}
}
}
}
Coba sekarang 'RUN'. Selesai.
0 komentar:
Post a Comment