Saturday, 29 October 2016

TUTORIAL MEMBUAT GAMES SUIT JARI DENGAN JAVA

TUTORIAL MEMBUAT GAMES SUIT JARI DENGAN JAVA



MEMBUAT GAME SEDERHANA DENGAN JAVA


Berikut kodenya :


package gamesuits;
import java.io.*;
public class gamesuits {
       /**
     * @author Alex Hermanto args
     */
     */02/11/14

       public static void main(String[] args) {
              // TODO Auto-generated method stub
              boolean ulang = false;
        while(!ulang){
        // cetak aturan main dan input dari user
        System.out.println("Alex & Ade");      
        System.out.println("Permainan suit");
        System.out.println("==============");
        System.out.println("Masukkan salah satu dari 3 kemungkinan :");
        System.out.println("J untuk Jempol");
        System.out.println("T untuk Telunjuk");
        System.out.println("K untuk Kelingking");
        System.out.println(""); // baris kosong
// variabel untuk mengambil input dari user
        BufferedReader br = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
        String input = null;

        // memasukkan salah satu input dari J, T, atau K
        boolean inputvalid = false;

        int suitKomputer = 0;
        int suitUser = 0;

        // selama input tidak valid, jalankan perulangan ini
        while (!inputvalid) {
            System.out.print("Masukkan suit Anda ");
            try {
                input = br.readLine();
            } catch (IOException ioe) {
                System.out.println("Kesalahan IO, program berhenti");
                System.exit(1);
            }

            // apakah panjang input > 0
            if (input.length() == 1) {
                switch (input.charAt(0)) {
                    case 'j' :
                    case 'J' :
                        suitUser = 0;
                        inputvalid = true;  // kita ganti inputvalid agar perulangan selesai
                        break;
                    case 't' :
                    case 'T' :
                        suitUser = 1;
                        inputvalid = true;  // kita ganti inputvalid agar perulangan selesai
                        break;
                    case 'k' :
                    case 'K' :
                        suitUser = 2;
                        inputvalid = true;  // kita ganti inputvalid agar perulangan selesai
                        break;
                }
            }
        }

        // menghitung suit komputer
        // Math.random() menghasilkan nilai acak antara 0 dan 1
        suitKomputer = (int)(Math.random()*3);

        // salah satu suit yang valid, yaitu 0, 1, atau 2
        // dalam hal ini kita ganti jadi 2
        if (suitKomputer == 3) {
            suitKomputer = 2;
        }

        // menghitung siapa yang menang
        switch (suitKomputer) {
            // jika komputer Jempol
            case 0:
                // cetak suit Komputer
                System.out.println("Suit komputer = Jempol");
                switch (suitUser) {
                    // jika user Jempol
                    case 0:
                        System.out.println("draw");
                        break;
                    // jika user Telunjuk
                    case 1:
                        System.out.println("you lose");
                        break;
                    // jika user Kelingking
                    case 2:
                        System.out.println("you win");
                        break;
                }
                break; // dari switch(suitKomputer)
            // jika komputer Telunjuk
            case 1:
                // cetak suit Komputer
                System.out.println("Suit komputer = Telunjuk");
                switch (suitUser) {
                    // jika user Jempol
                    case 0:
                        System.out.println("you win");
                        break;
                    // jika user Telunjuk
                    case 1:
                        System.out.println("draw");
                        break;
                    // jika user Kelingking
                    case 2:
                        System.out.println("you lose");
                        break;
                }
                break; // dari switch(suitKomputer)
            // jika komputer Kelingking
            case 2:
                // cetak suit Komputer
                System.out.println("Suit komputer = Kelingking");
                switch (suitUser) {
                    // jika user Jempol
                    case 0:
                        System.out.println("you lose");
                        break;
                    // jika user Telunjuk
                    case 1:
                        System.out.println("you win");
                        break;
                    // jika user Kelingking
                    case 2:
                        System.out.println("draw");
                        break;
                }
                break; // dari switch(suitKomputer)
        }
            //inisialisasi String mainlagi untuk mengecek apakah user ingin main lagi atau tidak
            String mainlagi = null;
            //inisialisasi boolean karakterinput untuk mengulang menanyakan kepada user apakah ingin main lagi
            boolean karakterinput = false;
            //ketika karakter input user bukan Z, z, Y, atau y, maka while akan terus diulang
            while(!karakterinput){
                System.out.println("Apakah ingin bermain lagi?\nTekan Z untuk bermain lagi atau Y untuk keluar");
                //membaca input user yang dimasukkan ke String mainlagi
                try {
                    mainlagi = br.readLine();
                } catch (IOException ioe) {
                    System.out.println("Kesalahan IO, program berhenti");
                    System.exit(1);
                }
                //verifikasi String mainlagi agar hanya x, Z, y, atau Y saja, selain itu perulangan while akan dilakukan lagi
                if (mainlagi.length() == 1) {
                    switch (mainlagi.charAt(0)) {
                    case 'z' :
                    case 'Z' :
                        karakterinput = true;  // untuk keluar dari perulangan while jika karakter z atau Z dimasukkan
                        ulang = false; // Mengulang lagi permainan
                        break;
                    case 'y' :
                    case 'Y' :
                        karakterinput = true;  // untuk keluar dari perulangan while jika  karakter y atau Y dimasukkan
                       ulang = true; // Keluar dari permainan
                        break;
                    }
                }
            }   
        }
    }
       }


Coba sekarang 'RUN'. Selesai.
Share:

0 komentar:

Post a Comment